Apakah fungsi ligamen

Ligamen adalah jaringan ikat fibrosa yang menghubungkan tulang ke tulang lainnya. Ia juga dikenal sebagai ligamen artikular, larva artikular, ligamen fibrous, atau ligamen sejati. Ligamen lain di dalam tubuh meliputi:

  • Ligamen peritoneum: lipatan peritoneum atau membran lain.
  • Sisa sisa janin: sisa-sisa struktur tubular janin.
  • Ligamen periodontal: sekelompok serat yang melekatkan sementum gigi ke tulang alveolar di sekitarnya.

Ligamen mirip dengan tendon dan fascia karena semuanya terbuat dari jaringan ikat. Perbedaannya ada pada koneksi yang mereka buat: ligamen menghubungkan satu tulang ke tulang lain, tendon menghubungkan otot ke tulang, dan fascia menghubungkan otot ke otot lain. Ini semua ditemukan dalam sistem kerangka tubuh manusia. Ligamen biasanya tidak dapat diregenerasi secara alami; Namun, ada sel-sel induk ligamen periodontal yang terletak di dekat ligamen periodontal yang terlibat dalam regenerasi dewasa ligamen periodontal.

Beberapa fungsi dari ligamen ialah sebagai berikut

Tentukan Rentang Gerak

Pertama, ligamen menentukan seberapa banyak persendian dapat bergerak. Ligamen adalah struktur yang membuat sendi tidak terkilir; artinya, mereka membatasi seberapa banyak sambungan dapat bergerak ke arah mana pun. Fungsi ini berfungsi untuk menstabilkan setiap sambungan. Biasanya, mungkin ada beberapa ligamen yang bekerja bersama untuk membantu menentukan rentang gerak sendi mana pun. Sebagai contoh, ligamen tulang belakang memegang tulang belakang bersama dan dengan demikian mempertahankan bentuk dan membatasi gerakan tulang belakang.

Lindungi Sendi dan Tulang

Ligamen juga berfungsi untuk melindungi tulang yang membentuk setiap sendi. Karena mereka relatif elastis, ligamen dapat meregang dan berkontraksi ketika diperlukan yang memungkinkan mereka untuk menyerap shock di bawah tekanan. Misalnya, ligamen di tulang belakang melindungi tulang belakang ketika Anda tiba-tiba mengubah postur Anda atau mengangkat benda berat.

Proprioception

Akhirnya, ligamen adalah bagian dari fungsi proprioception dalam tubuh manusia. Proprioception mengacu pada kemampuan Anda untuk mengetahui posisi sendi di tubuh Anda, sehingga mempertahankan postur dan gerakan yang benar dari seorang individu. Fungsi ini memungkinkan tulang, otot dan ligamen bekerja sama untuk membuat kerja sendi dengan benar dan tanpa cedera.

Loading...