Ini Dia Bagian-Bagian Jantung Beserta Fungsinya

Jantung adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Darah menyuplai okisgen dan nutrisi pada tubuh, juga membantu menghilangkan sisa-sisa metabolisme. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah, terletak di rongga dada agak sebelah kiri.

Jantung memompa darah melewati dua sistem sirkulasi. Darah yang berasal dari sistem peredaran darah besar mengandung sedikit oksigen dan memasuki atrium kanan melalui vena kava superior dan inferior menuju ventrikel kanan. Dari sini darah dipompa menuju paru-paru, tempat darah memperoleh oksigen dan meninggalkan karbon dioksida.

Darah yang sudah mengandung oksigen kembali menuju atrium kiri, melewati ventrikel kiri dan dipompa menuju seluruh tubuh melalui aorta—di mana oksigen dipakai dan melalui metabolisme menjadi karbon dioksida. Ditambah lagi, darah juga membawa nutrisi dari hati menuju berbagai organ tubuh, sementara membawa zat sisa menuju hati dan ginjal.

Normalnya, jumlah darah yang terpompa menuju paru-paru sama dengan jumlah darah yang terpompa ke seluruh tubuh. Pembuluh vena memompa darah menuju jantung dan membawa darah yang kaya karbon dioksida – kecuali vena pulmonaris dan vena pada sistem pencernaan. Arteri membawa darah keluar jantung, membawa oksigen selain pada arteri pulmonaris. Jarak yang jauh dari jantung membuat pembuluh vena memiliki tekanan yang lebih kecil dari pembuluh arteri. Ketika beristirahat, jantung berdetak kurang lebih 72 kali per menit. Latihan fisik biasanya mengangkat jumlahnya, namun jumlah melambat selama beberapa waktu, yang baik untuk jantung.

Sistem kardiovaskuler

Sistem kardiovaskuler merupakan sistem yang memberi fasilitas proses pengangkutan berbagai substansi dari, dan ke sel-sel tubuh. Sistem ini terdiri dari organ penggerak yang disebut jantung, dan sistem saluran yang terdiri dari arteri yang mergalirkan darah dari jantung, dan vena yang mengalirkan darah menuju jantung.

Jantung manusia merupakan jantung berongga yang memiliki 2 atrium dan 2 ventrikel. Jantung merupakan organ berotot yang mampu mendorong darah ke berbagai bagian tubuh. Jantung manusia berbentuk seperti kerucut dan berukuran sebesar kepalan tangan, terletak di rongga dada sebalah kiri. Jantung dibungkus oleh suatu selaput yang disebut perikardium. Jantung bertanggung jawab untuk mempertahankan aliran darah dengan bantuan sejumlah klep yang melengkapinya. Untuk mejamin kelangsungan sirkulasi, jantung berkontraksi secara periodik.

Otot jantung berkontraksi terus menerus tanpa mengalami kelelahan. Kontraksi jantung manusia merupakan kontraksi miogenik, yaitu kontaksi yang diawali kekuatan rangsang dari otot jantung itu sendiri dan bukan dari syaraf. Beberapa bagian jantung ialah sebagai berikut:

Ventrikel

Ventrikel adalah ruang jantung yang mempunyai tanggung jawab untuk memompa darah meninggalkan jantung Sumber lain menjelaskan bahwa ventrikel adalah dua bilik besar yang tugasnya menerima darah dari atria (bilik yang lebih kecil dalam jantung) dan juga berkontraksi untuk memompa darah yang berada di dalam keluar jantung dan ke seluruh organ tubuh. Pada mamalia (dalam kategori mamalia manusia termasuk mamalia) dan burung memiliki dua ventrikel besar yaitu, ventrikel kiri dan ventrikel kanan. Tugas dari ventrikel kanan adalah memompa darah terdeoksigenasi ke paru-paru melalui arteri paru, Sedangkan tugas dari ventrikel kiri adalah memompa oksigen darah ke tubuh melalui aorta.

Fungsi Ventrikel Sebagai Pompa

Selama fase sistolik ventrikel, sejumlah darah yang besar berkumpul dalam atrium karena katup A-V tertutup, oleh karena itu, segera sesudah sistolik selesai dan tekanan ventrikel turun lagi sampai ke nilai diastoliknya yang rendah, tekanan yang cukup tinggi di dalam atrium segera mendorong katup A-V agar terbuka sehingga darah dapat mengalir dengan cepat ke dalam ventrikel, seperti naiknya kurva volume pada volume ventrikel pada saat pemeriksaan biasanya, keadaan ini disebut sebagai periode pengisian cepat pada ventrikel.

Periode pengisian cepat berlangsung kira-kira pada sepertiga pertama dari diastolik. Selama sepertiga kedua dari diastolik, biasanya hanya ada sedikit darah yang mengalir ke dalam ventrikel, darah ini adalah darah yang terus mengalir masuk ke dalam atrium dari vena-vena dan dari atrium langsung mesuk ke ventrikel.[3] Selama periode sepertiga akhir dari diastolik, atrium berkontraksi dengan memberikan dorongan tambahan terhadap aliran darah yang masuk ke dalam ventrikel, dan hal ini kira-kira 25% dari pengisian ventrikel pada setiap siklus jantung.

Septum

Septum adalah dinding otot tebal yang berjalan di tengah jantung. Ini memisahkan atrium kiri dan ventrikel dari atrium kanan dan ventrikel. Cacat jantung tertentu membuat lubang pada septum, sehingga darah miskin oksigen dan oksigen tidak dapat bercampur bersama-sama, yang akhirnya mengganggu kemampuan jantung untuk berfungsi. Ini defek septum biasanya hadir pada saat lahir dan bervariasi dalam ukuran dan beratnya.

Lubang-lubang kecil mungkin tidak menimbulkan gejala dan sering tidak memerlukan perawatan khusus. Lubang besar, di sisi lain, pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru dan menyebabkan gagal jantung. Sementara beberapa sedang sampai cacat besar dapat diperbaiki dengan obat-obatan, yang lainnya memerlukan operasi.

Katup jantung

Katup jantung adalah struktur tubuh yang memungkinkan cairan mengalir dalam tubuh, katup ini terdapat pada jantung. Sedangkan menurut kamus kesehatan Katup jantung adalah jaringan khusus yang berada di dalam jantung yang tugasnya mengatur urutan aliran darah dari satu bagian ke bagian lain. Katup ini dapat dibagi menjadi 2 yaitu atup aorta dan katup mitral. Katup aorta ini adalah katup yang memisahkan ruang utama pemompa jantung (ventrikel kiri) dengan aorta, pembuluh darah arteri utama yang tugasnya memberikan darah beroksigen ke seluruh tubuh.

Sedangkan Katup mitral adalah katup yang memisahkan ruang kiri atas (atrium) dengan ruang kiri bawah (ventrikel) dan juga tugasnya menjaga pergerakan aliran darah yang tertib dari paru ke ventrikel kiri. Dalam Katub ini terdapat banyak penyakit yang menyerang pada jantung. Jantung merupakan pompa otot yang berfungsi untuk mempertahankan sirkulasi daerah sekeliling tubuh.

Mekanismenya sama dengan banyak pompa-pompa, jantung bergantung pada suatu rangkaian kerja katup yang baik. Pada sisi kanan adalah katup paru dan trikuspidalis, pada sisi kiri adalah aorta dan katup mitralis. Perubahan tekanan dareah pada kedua sisi katup menyebabkan katup membuka dan menutup. Penutupan katup mencegah darah mengalir ke arah yang slah. Kelainan lain yang juga menyebabkan masalah ringan adalah prolapsus katup mitralis.

Hal ini terjadi karena ada kerusakan pada katup dan korda tendinea yang membuat pengembungan ke belakang, kedalam atrium, menyebabkan terjadinya kebocoran darah. Fungsi katup adalah sebagai pengatur aliran darah di dalam jantung. Beberapa hal yang terjadi ketika jantung memompa darah, yaitu jantung menguncup, otot jantung bekerja, dan mengalir keluar dari jantung.

Peredaran darah: Sisi Kanan

Atrium kanan terisi darah miskin oksigen dari tubuh. Ketika ventrikel penuh, katup trikuspid terbuka untuk memungkinkan darah mengalir dari atrium ke ventrikel kanan. Ketika tekanan di ventrikel kanan terlalu tinggi, katup trikuspid menutup untuk mematikan aliran darah ke ventrikel. Saat jantung berkontraksi, katup pulmonal terbuka dan memungkinkan ventrikel kanan untuk mendorong darah ke arteri pulmonalis dan paru-paru. Setelah ventrikel kosong, katup pulmonal menutup untuk mencegah darah mengalir kembali ke ventrikel.

Peredaran darah: Sisi Kiri

Darah yang sekarang kaya oksigen dari paru-paru kembali dan memasuki atrium kiri. Ketika atrium kiri penuh, katup mitral terbuka untuk memungkinkan darah dari atrium kiri mengalir ke ventrikel kiri. Setelah tekanan pada ventrikel kiri terlalu tinggi, menutup katup mitral dan aliran darah ke ventrikel berhenti. Ketika jantung berkontraksi, katup aorta terbuka dan ventrikel kiri mendorong darah ke aorta, yang menyebabkan pembuluh darah tubuh. Setelah ventrikel kiri kosong, katup aorta menutup untuk mencegah aliran balik darah.

Loading...