Contoh evolusi konvergen

Evolusi konvergen adalah proses organisme tidak berhubungan, dan mengalami evolusi ciri yang mirip sebagai hasil beradaptasi dengan lingkungan. Ini adalah kebalikan dari evolusi divergen, yang merupakan evolusi ciri yang berbeda. Pada tingkat molekular, hal ini disebabkan karena mutasi tidak berhubungan dengan perubahan adaptif.

Contohnya adalah pada tumbuhan kaktus Cereus Jamacaru dan euporbia Euphorbia echinus. Aantara E.jamacaru dan E.echinus memiliki bentuk morfologi yang mirip, dimana keduanya sama-sama memiliki daun yang dimodifikasi menjadi duri dan dilapisi zat lilin, juga adanya struktur akar yang sangat dalam menembus permukaan bumi.

C.jamacaru dan E.echinus adalah tumbuhan yang berbeda dan berasal dari garis keturunan yang berbeda pula. Namun bagaimana keduanya dapat memiliki bentuk yang sangat mirip? Hal ini terjadi karena pengaruh dari tempat hidup yang sama, yaitu daerah gurun yang miskin kandungan air. Walaupun kedua tumbuhan tersebut tidak berkerabat dekat, namun karena memiliki habitat yang sama, mereka mengalami evolusi (perubahan) secara perlahan-lahan hingga akhirnya saat ini bentuknya menjadi sangat mirip.

Loading...