Contoh soal essay renang beserta jawabannya

Renang merupakan olahraga yang banyak digemari oleh banyak orang, hal ini dikarenakan banyak sekali manfaat yang didapatkan dari berenang. Di bawah ini ada beberapa contoh soal dalam bentuk essay tentang renang yang sudah dilengkapi dengan jawabannya.

1. Bagaimana posisi tubuh saat melakukan renang gaya punggung?

  • Badan terbalik seperti tiduran
  • Tangan lurus kebelakang
  • Kaki di taruh di wall untuk mengambil ancang ancang lalu berenang lah seperti gaya bebas tapi terbalik.

2. Jelaskan latihan meluncur pada renang gaya punggung?

Jawaban:
Kedua tangan berpegang pada tepi kolam, jarak tangan kanan kiri selebar bahu Kedua kaki dilipat atau dibengkokkan ke atas, sehingga kedua telapak kaki bertumpu pada dinding kolam dengan kuat, kedua lutut ada diantara kedua lenganKedua lengan melepas pegangan pada tepi kolam, kepala diluruskan ke belakang, dan bersamaan dengan gerakan tersebut kedua kaki mendorong dinding kolam dengan kuat, sehingga tubuh terdorong ke belakang.

Wajah tetap di atas permukaan air, dan kedua lengan disisi tubuhLatihan ini dilakukan berkali-kali, sehingga siswa mampu meluncur dengan sikap telentang dengan baik.

3. Bagaimana teknik pengambilan napas pada renang gaya punggung?

  1. Posisi badan (Meluncur)
  2. Gerakan kaki
  3. Gerakan tangan (Tehnik gerakan lengan di bedakan menjadi 3 : fase menarik, fase mendorong, fase istirahat.
  4. Gerakan pengambilan nafas di lakukan pada saat istirahat dr salah satu lengan dan mengeluarkan saat istirahat dr lengan yg lainnya
  5. Koordinasi gerakan
  6. Start renang gaya punggung
  7. Pembalikan reanang gaya punggung

4. Sebutkan manfaat dari olahraga renang?

  • Meninggikan Badan
  • Menyehatkan Jantung
  • Bentuk Tubuh Ideal
  • Meredakan Stres
  • Meredakan Radang Sendi
  • Menurunkan Berat Badan
  • Melatih Pernafasan
  • Meningkatkan Kekuatan Otot

5. Mengapa teknik pernapasan gaya punggung lebih mudah dari pada renang gaya dada?

Jawaban: Alasan mengapa teknik pernafasan gaya punggung lebih mudah daripada renang gaya dada, sebab renang gaya punggung posisi wajah selalu menghadap ke atas dan berada di atas air, sehingga memungkinkan perenang untuk lebih mudah mengambil nafas dan bisa kapan saja untuk mengambil nafas.

6. Bagaimana cara melakukan renang gaya bebas?

  • posisi dada dan wajah menghadap ke permukaan air
  • tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh.
  • kaki secara bergantian dicambukkan naik turun.
  • bernapas dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air, yaitu ketika tubuh dalam posisi miring, kepala berpaling ke samping atau menoleh ke kiri atau ke kanan.

7. Bagaimana cara mengambil napas dari arah kiri pada renang gaya bebas?

  • Badan, kedua kaki, dan lengan lurus.
  • Lakukan gerakan kaki sebanyak 2 kali pukulan dan tarik lengan kanan ke belakang. Saat lengan mendorong ke belakang putar leher ke atas dan hirup udara.
  • Saat lengan diputar dan masuk air di depan kepala (muka), putar kembali leher ke dalam air.
  • Lakukan terus berulang-ulang bila sudah mahir, lakukan putaran leher ke kanan dan kiri, untuk pengambilan napas.

8. Bagaimana cara melakukan kombinasi gerak tungkai dan lengan renang gaya bebas?

Jawaban: Gerakan tungkai dilakukan dengan naik turun pada bagian yang vertikal, bergantian antara tungkai kanan dan kiri. Gerakan dimulai dari pangkal paha, dan pada gerakan menendang tekuk pada lutut, kemudian luruskan pada akhir tendangan.

9. Apa kelebihan renang gaya bebas di bandingkan dengan renang gaya lain?

Jawaban: Gaya bebas merupakan gaya yang tidak terikat dengan teknik-teknik dasar tertentu. Gaya bebas dilakukan dengan beraneka ragam gerakan dalam berenang yang bisa membuat perenang dapat melaju di dalam air. Sehingga gerakan dalam gaya bebas bisa di gunakan oleh beberapa orang, baik yang sudah terlatih maupun para pemula.

10. Apa saja yang harus diperhatikan dalam teknik dasar berenang?

  • Ketahanan badan.
  • Tinggi kedalaman air.
  • Kecepatan maksimal tangan, dan kaki.

11. Sebutkan tahapan gerakan lengan pada renang gaya punggung!

Jawaban: Ada tiga fase gerakan lengan dalam renang gaya punggung, yaitu sebagai berikut.
a. Gerakan Pull (Penarikan) Gerakan ini dimulai dari posisi lengan lurus di belakang kepala, jari kelingking berada di bawah. Untuk memulai gerakan siku sedikit ditekuk, kemudian tarik lengan mendekati badan. Gerakan ini berakhir setelah lengan atas atau siku mendekati badan yang selanjutnya dilakukan gerakan push.

b. Gerakan Push (Pendorongan) Gerakan ini dilakukan dengan cara lengan bawah mengadakan pendorongan dengan kuat sampai telapak tangan mendekati paha. Gerakan ini dilakukan setelah gerakan tangan akan berakhir. Setelah gerakan push berakhir dilakukan gerakan recovery.

c. Gerakan Recovery (Istirahat) Ibu jari yang keluar terlebih dahulu dari permukaan air, setelah tangan lurus ke atas tangan diputar (telapak tangan menghadap keluar) seterusnya recovery berakhir setelah tangan masuk ke air dengan jari kelingking masuk terlebih dahulu. Gerakan ini harus dilakukan dengan rileks. Fase-fase gerakan tersebut dilakukan oleh kedua tangan terus-menerus secara tidak terputus-putus sehingga seperti gerakan baling- baling.

12. Jelaskan koordinasi gerakan pada renang gaya punggung!

Jawaban: Dalam renang gaya punggung koordinasi yang penting adalah koordinasi gerakan kaki dan tangan, soal pernapasan sebenarnya tidak perlu memengaruhi koordinasi gerakan karena muka tidak masuk air, asal posisi badan tetap dipertahankan horizontal. Latihan gerakan tangan sekaligus digabung dengan latihan gerakan kaki. Muka selalu berada di permukaan air. Oleh karena itu, pengambilan napas dapat lebih mudah. Pengambilan napas harus melalui mulut dan pandangan ke atas. Jika sudah mendekati finish (bibir kolam) kepala didongakkan ke atas.