Selama hidup di dunia manusia tidak akan lepas dari ujian dan cobaan

Dari Abi ‘Abdi Robb radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, “Tidak tersisa dari dunia ini kecuali cobaan dan ujian.” (HR Ibnu Hibban)

Hadits diatas sanadnya sangat kuat, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Setiap hidup manusia pasti ada cobaan dan ujian. Dunia ini pasti diselimuti dengan ujian dan cobaan. Ujian itu bukan hanya sebatas musibah yang menimpa kepada satu orang saja, tetai juga bisa menimpa banyak orang. Ujian dan cobaan itu banyak macamnya, baik berupa kesedihan ataupun kesenangan (kebahagiaan). Semua ini sama-sama bermuara pada kebahagiaan di akhirat. Dengan catatan, orang yang mendapat ujian tersebut dapat melalui atau melewatinya dengan cara yang diridhai oleh Allah swt.

Banyak sekali orang yang terlena dengan ujian yang berbentuk kesenangan. Mereka tidak sadar bahwa kesenangan yang diperolehnya adalah merupakan cobaan dari Allah. akibatnya, mereka terlena dengan kesenangan tersebut. yang lebih menyedihkan lagi adalah orang yang diberi cobaan oleh Allah swt dengan kesengsaraan dan kesulitan, tetapi dia tidak menyadari bahwa itu semua adalah cobaan, maka dia ini termasuk orang yang rugi di dunia dan di akhirat.

Cobaan dan ujian dari Allah harus dihadapi dengan penuh kesabaran dan ketakwaan kepada Allah, sehingga dengan demikian nantinya akan membawa manfaat yang tak terhingga kepada kita semua baik di dunia maupun di akhirat.

Loading...