Jelaskan Peranan Ibadah haji dapat menyatukan umat

Ibadah haji merupakan perjalanan ibadah untuk mendapatkan ridha dari Allah swt, yang melibatkan jasmani dan ruhani, disertai pengorbanan harta.

Ibadah haji mengandung manfaat dan faedah yang sangat besar bagi manusia. Sejak pertama kali disyariatkan hingga zaman sekarang, ibadah haji senantiasa dapat menyatukan berbagai kekuatan islam yang berbeda-beda, serta memadukan berbagai paham, mereka. Semua umat islam, dari berbagai kelompok dan kelas sosial bersama-sama menunaikan ibadah haji tanpa ada perbedaan diantara mereka.

Setidaknya sekali dalam seumur hidup seorang muslim melakukan perjalanan menuju Baitullah dan bertemu dengan sesama muslim lainnya dari berbagai penjuru dunia. Semua jamaah membangun ikatan persaudaraan yang kuat. Perasaannya menyatu dengan perasaan semua muslim lain.

Berkat keutamaan ibadah haji, muslim negro, Cina, Persia, Turki, Arab dan lain-lain menempuh perjalanan menuju satu tempat yang sama seraya mengenakan pakaian yang sama pula. Tidak ada perbedaan antara golongan orang kaya dengan miskin, antara rakyat dengan penguasa.

Ibadah haji merupakan salah satu keberhasilan islam dalam menghimpun umatnya, keberhasilan yang tidak bisa dicapai oleh agama lain di seluruh dunia. Islam menyatukan berbagai kelompok manusia dari latar belakang etnis, warna kulit, dan bangsa yang berbeda-beda.

Jadi, ibadah haji itu merupakan salah satu kewajiban untuk umat islam, tetapi dengan kondisi bila ia mampu melakukannya. Oleh karena itu, kita semua harus meyakini tentang ibadah haji ini.

Loading...