Jelaskan 7 perbedaan antara ekonomi makro dan mikro

Ekonomi mikro adalah studi tentang perilaku ekonomi individu, perusahaan, atau rumah tangga tertentu, yaitu mempelajari unit tertentu. Di sisi lain, ekonomi makro adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan yaitu, bukan unit tunggal tetapi kombinasi dari semua, perusahaan, rumah tangga, bangsa, dll.

‘Ekonomi’ didefinisikan sebagai studi tentang bagaimana manusia bekerja bersama untuk mengubah sumber daya terbatas menjadi barang dan jasa untuk memenuhi keinginan mereka (tidak terbatas) dan bagaimana mereka mendistribusikan yang sama di antara mereka sendiri.

Ekonomi telah dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro. Di sini, dalam artikel yang diberikan telah merinci konsep dan semua perbedaan penting antara ekonomi mikro dan ekonomi makro, dalam bentuk tabel, lihatlah.

Pengertian Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro adalah cabang ekonomi yang berkonsentrasi pada perilaku dan kinerja unit individu, yaitu konsumen, keluarga, industri, perusahaan. Di sini, permintaan memainkan peran penting dalam menentukan kuantitas dan harga suatu produk bersama dengan harga dan kuantitas barang terkait (barang pelengkap) dan produk pengganti, sehingga dapat membuat keputusan yang bijaksana mengenai alokasi sumber daya yang langka, mengenai penggunaan alternatif mereka. Contoh: Permintaan Individu, Harga suatu produk, dll.

Pengertian Ekonomi Makro

Makroekonomi adalah cabang ekonomi yang berkonsentrasi pada perilaku dan kinerja variabel agregat dan isu-isu yang mempengaruhi seluruh perekonomian. Ini mencakup ekonomi regional, nasional, dan internasional dan mencakup area utama ekonomi seperti pengangguran, kemiskinan, tingkat harga umum, PDB (Produk Domestik Bruto), impor dan ekspor, pertumbuhan ekonomi, globalisasi, kebijakan moneter / fiskal, dll.

Ekonomi makro membantu dalam menyelesaikan berbagai masalah ekonomi, dengan demikian memungkinkannya berfungsi secara efisien. Contoh: Permintaan Agregat, Pendapatan Nasional, dll.

Poin-poin yang diberikan di bawah ini menjelaskan perbedaan antara ekonomi mikro dan makro secara terperinci:

  1. Ekonomi mikro mempelajari segmen pasar ekonomi tertentu, sedangkan ekonomi makro mempelajari ekonomi secara keseluruhan, yang mencakup beberapa segmen pasar.
  2. Ekonomi mikro menekankan pada unit ekonomi individu. Sebagai lawan dari ini, fokus ekonomi makro adalah pada variabel ekonomi agregat.
  3. Sementara ekonomi mikro diterapkan pada masalah operasional atau internal, masalah lingkungan dan eksternal menjadi perhatian dalam ekonomi makro.
  4. Ekonomi mikro berkaitan dengan produk individu, perusahaan, rumah tangga, industri, upah, harga, dll., Sedangkan ekonomi makro berurusan dengan agregat seperti pendapatan nasional, output nasional, tingkat harga, dll.
  5. Ekonomi mikro mencakup masalah-masalah seperti bagaimana harga suatu komoditas tertentu akan memengaruhi kuantitas yang diminta dan kuantitas yang dipasok dan sebaliknya, sementara Ekonomi Makro mencakup masalah-masalah utama ekonomi seperti pengangguran, kebijakan moneter / fiskal, kemiskinan, perdagangan internasional, dll.
  6. Ekonomi mikro menentukan harga komoditas tertentu bersama dengan harga barang pelengkap dan barang pengganti, sedangkan ekonomi makro sangat membantu dalam mempertahankan tingkat harga umum.
  7. Saat menganalisis ekonomi apa pun, ekonomi mikro mengambil pendekatan bottom-up, sedangkan makroekonomi mempertimbangkan pendekatan top-down.

Kesamaan

Karena ekonomi mikro berfokus pada alokasi sumber daya yang terbatas di antara individu-individu, ekonomi makro memeriksa bagaimana distribusi sumber daya yang terbatas harus dilakukan di antara banyak orang, sehingga akan memanfaatkan sebaik mungkin sumber daya yang langka tersebut.

Ketika ekonomi mikro mempelajari tentang masing-masing unit, pada saat yang sama, ekonomi makro mempelajari tentang variabel agregat. Dengan cara ini, kita dapat mengatakan bahwa mereka saling bergantung.

Berikut ini tabel perbedaan antara ekonomi makro dan mikro sebagai berikut:

Perbedaan Ekonomi makro Ekonomi mikro
Definisi Cabang ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen individu, perusahaan, keluarga dikenal sebagai Ekonomi Mikro. Cabang ekonomi yang mempelajari perilaku ekonomi secara keseluruhan, (baik nasional maupun internasional) dikenal sebagai Ekonomi Makro.
Terlibat dengan Variabel ekonomi individu Variabel ekonomi agregat
Aplikasi Bisnis Diterapkan untuk masalah operasional atau internal Masalah lingkungan dan eksternal
Cakupan Meliputi berbagai masalah seperti permintaan, penawaran, penentuan harga produk, penentuan harga faktor, produksi, konsumsi, kesejahteraan ekonomi, dll. Meliputi berbagai masalah seperti, pendapatan nasional, tingkat harga umum, distribusi, pekerjaan, uang dll.
Peranan Membantu dalam menentukan harga suatu produk bersama dengan harga faktor-faktor produksi (tanah, tenaga kerja, modal, pengusaha, dll.) Dalam perekonomian. Mempertahankan stabilitas di tingkat harga umum dan menyelesaikan masalah utama ekonomi seperti inflasi, deflasi, reflasi, pengangguran, dan kemiskinan secara keseluruhan.
Batasan Ini didasarkan pada asumsi yang tidak realistis, yaitu dalam ekonomi mikro diasumsikan bahwa ada pekerjaan penuh dalam masyarakat yang sama sekali tidak mungkin. Telah dianalisis bahwa ‘Kekeliruan Komposisi’ melibatkan, yang kadang-kadang tidak terbukti benar karena mungkin bahwa apa yang benar untuk agregat mungkin tidak berlaku untuk individu juga.

Kesimpulan

Ekonomi Mikro dan Makro tidak bersifat kontradiktif, pada kenyataannya, mereka saling melengkapi. Karena setiap koin memiliki dua aspek – ekonomi mikro dan makro juga merupakan dua aspek dari koin yang sama, di mana demerit seseorang adalah jasa orang lain dan dengan cara ini mereka mencakup seluruh perekonomian. Satu-satunya hal penting yang membuat mereka berbeda adalah bidang aplikasi.

Loading...