Pengertian Kemokin

Kemokin adalah protein kecil yang disekresikan oleh sel termasuk dalam keluarga sitokin. Nama ini berasal dari fungsinya untuk menginduksi kemotaksis terarah pada sel responsif terdekat; mereka adalah sitokin kemotakti. Protein digolongkan sebagai kemokin terutama ketika mereka memiliki karakteristik struktural yang sama seperti ukuran kecil (semuanya berukuran sekitar 8-10 kilodalton), dan adanya empat residu sistein di lokasi konservasi yang merupakan kunci untuk membentuk bentuk 3 dimensi mereka. .

Kemokin adalah superfamili dari protein kecil yang berikatan dengan reseptor berpasangan protein G pada sel target dan pada awalnya ditemukan sebagai mediator migrasi terarah sel imun ke tempat peradangan dan cedera.

Beberapa kemokin dianggap pro-inflamasi dan dapat diinduksi selama respon imun untuk merekrut sel-sel dari sistem kekebalan tubuh ke tempat infeksi, sementara yang lain dianggap homeostatik dan terlibat dalam mengendalikan migrasi sel selama proses normal pemeliharaan atau pengembangan jaringan.  Kemokin ditemukan di semua vertebrata, beberapa virus dan beberapa bakteri, tetapi tidak ada yang telah dijelaskan untuk invertebrata lainnya. Protein ini mengerahkan efek biologisnya dengan berinteraksi dengan reseptor transmembran terkait protein G yang disebut reseptor kemokin, yang secara selektif ditemukan pada permukaan sel target mereka.

Loading...