Dalil Al Quran dan Hadits Nabi Muhammad Tentang Keutamaan Berdoa

Ada banyak ayat Al Quran dan hadits Nabi saw yang menuturkan tentang keutamaan doa. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut: “Sesungguhnya Allah swt melarang berbuat jahat atau berbuat buruk kepada orang yang suka berdoa sebagai bentuk penghormatan dan pemuliaan kepada mereka.”

Allah swt berfirman dalam surat al An’am ayat 52: “Dan janganlah kamu mengusir orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan petang hari, sedang mereka menghendaki keridhaanNya. kamu tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatan mereka dan merekapun tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatanmu, yang menyebabkan kamu (berhak) mengusir mereka, (sehingga kamu Termasuk orang-orang yang zalim).”

Siapa saja orang yang terbiasa berdoa niscaya tidak akan pernah putus asadan sia-sia. Allah swt berfirman menuturkan ucapan hamba-Nya Zakaria, “Dan aku tidak pernah kecewa berdoa kepada-Mu, Ya Allah.” dan Dia juga berfirman menuturkan doa kekasih-Nya, Ibrahim, “Dan aku akan menjauhkan diri darimu dan dari apa yang kalian seru selain Allah, dan aku akan berdoa kepada Tuhanku, mudah-mudahan aku tidak kecewa berdoa kepada Tuhanku.

Sesungguhnya berdoa merupakan salah satu sifat ahli surga ketika mereka berada di surga. Allah berfirman dalam surat Yunus ayat 44, “Doa mereka di dalamnya ialah ‘subhaanakallaahumma’, dan salam penghormatan mereka ialah ‘salam’. Dan penutup doa mereka ialah ‘alhamdulillaahi rabbul ‘alamin’.”

Sesungguhnya semua balasan bagi setiap doa adalah kebaikan, sebagaimana diriwayatkan dari Abu Sa’id r.a secara marfu bahwa Rasulullah saw bersabda, “Tidaklah seorang muslim berdoa dengan suatu doa yang tidak mengandung dosa dan ucapan yang memutuskan silaturahim, kecuali Allah akan memberinya salah satu dari tiga. Menyegerakan apa yang dimintanya, menunda pengabulan permintaannya di akhirat, atau mengalihkannya dari keburukan.

Ibn Hajar mengatakan, setiap orang yang berdoa akan mendapat jawaban untuk doanya. Namun, bentuk jawaban atau pemenuhan doanya itu bermacam-macam, bisa berupa pemenuhan apa yang dimintanya, atau berupa penggantian.

Loading...