Lokasi dan fungsi Talamus

Dikutip dari Wikipedia, Talamus adalah midline struktur simetris di dalam otak vertebrata termasuk manusia, terletak di antara Korteks otak besar dan Otak tengah. Fungsinya termasuk menyampaikan sensor dan sinyal motorik kepada Korteks otak besar, sepanjang dengan aturan Kesadaran, tidur, dan kewaspadaan. Talamus mengelilingi ventrikel ketiga. Ini adalah produk utama dari embrionik diencephalon.

Fungsi Talamus

  • Fungsi utama dari kelenjar thalamus adalah menyampaikan informasi yang berhubungan dengan kesadaran, siklus tidur dan kewaspadaan.
  • Thalamus berfungsi untuk stasiun pemancar dan meneruskan informasi tentang reseptor indera (penglihatan, pendengaran, sentuhan, rasa) kecuali penciuman.
  • Pengganti dan pertukaran sinyal indra dari saraf tulang belakang ke cerebrum atau sebaliknya.
  • Pengganti informasi pengindraan (caara kerja mata, pendengaran, pernafasan, penciuman)
  • Pengendali motorik
  • Pengendalian fungsi otonomi berbagai organ tubuh
  • Keseimbangan tubuh
  • Pengatur ekspresi wajah (tersenyum, cemberut dan lainnya)

Talamus biasa digambarkan sebagai stasiun relay. Hal itu karena hampir seluruh informasi sensorik (kecuali bau) yang dilanjutkan ke korteks pertama berhenti pada talamus sebelum dikirim ke tujuan.

Talamus terbagi menjadi beberapa inti yang mempunyai spesialisasi fungsional untuk menangani jenis informasi tertentu. Informasi sensorik melakukan perjalanan ke talamus dan dialihkan menuju inti disesuaikan dengan berperan dalam jenis data indrawi.

Kemudian, informasi itu dikirim dari inti yang ke daerah yang tepat dalam korteks yang mana informasi tersebut diproses lebih lanjut.

Letak Talamus

Lokasi atau letak talamus pada manusia adalah pada bagian atas batang otak. Otak manusia rata-rata mempunyai berat sekitar tiga pon. Bagian atas ini dibagi menjadi dua belah.

Bagian bawah otak terhubung ke sumsusm tulang belakang oleh batang otak. Talamus terletak di atas batang otak yang terdiri rasi dua bagian yang biasa disebut sebagai lobus.

Loading...