Pengertian dan fungsi dendrit

Dendrit (dari bahasa Yunani dendron, “pohon”) adalah cabang dari Neuron. Sel-sel saraf di otak disebut Neuron. Setiap neuron terdiri dari satu badan sel yang di dalamnya terdapat sitoplasma dan inti sel. Dari badan sel keluar dua macam serabut saraf, yaitu dendrit dan akson (neurit). Dendrit berfungsi mengirimkan impuls ke badan sel saraf, sedangkan akson berfungsi mengirimkan impuls dari badan sel ke jaringan lain. Akson biasanya sangat panjang. Sebaliknya, dendrit pendek.

Setiap neuron hanya mempunyai satu akson dan minimal satu dendrit. Kedua serabut saraf ini berisi plasma sel. Pada bagian luar akson terdapat lapisan lemak disebut mielin yang merupakan kumpulan sel Schwann yang menempel pada akson. Sel Schwann adalah sel glia yang membentuk selubung lemak di seluruh serabut saraf mielin. Membran plasma sel Schwann disebut neurilema. Fungsi mielin adalah melindungi akson dan memberi nutrisi. Bagian dari akson yang tidak terbungkus mielin disebut nodus Ranvier, yang berfungsi mempercepat penghantaran impuls.

Dendrit adalah cabang-cabang dari neuron dan neuron adalah sel-sel saraf di otak. fungsi dendrit adalah mengirim impuls ke badan saraf.

Dendrit merupakan penjuluran pendek yang keluar dari badan sel dan umumnya bercabang-cabang. Fungsinya membawa rangsan menuju badan sel.

Demikianlah uraian singkata mengenai dendrit beserta fungsi dendrit. Walaupun uraiannya singkat tetapi amudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Loading...