Urutan takson hewan dan tumbuhan

Taxon, Taxa dalam bentuk jamak, setiap unit yang digunakan dalam ilmu klasifikasi biologis, atau taksonomi. Taxa diatur dalam hierarki dari kerajaan ke subspesies, suatu takson yang diberikan biasanya termasuk beberapa taksa dengan peringkat lebih rendah.

Dalam klasifikasi protista, tumbuhan, dan hewan, kategori taksonomi tertentu diakui secara universal; dalam urutan menurun, ini adalah kerajaan, filum (dalam tanaman, divisi), kelas, urutan, keluarga, genus, spesies, dan subspesies, atau ras. Aturan penamaan berbagai taksa adalah provinsi nomenklatur biologis.

Ada banyak istilah untuk penamaan varian yang dikontrol secara genetik dalam suatu spesies, tetapi nama-nama ini biasanya tidak dianggap taksa. Dalam spesies polimorfik istilah morf dan varietas sering diterapkan. Di antara hewan piaraan, garis yang benar-benar berkembang biak, yang secara genetik murni biasanya disebut strain. Dalam botani, istilah kultivar diterapkan pada varian yang dapat dikenali yang berasal dari penanaman.

Urutan takson hewan

  1. Domain
  2. Kingdom
  3. Filum
  4. Kelas
  5. Ordo
  6. Famili
  7. Genus
  8. Species

Urutan takson tumbuhan

Sistem klasifikasi yang digunakan saat ini menggunakan sistem nomenklatur binomial yang menggunakan dua nama Latin untuk menamai makhluk hidup, masing-masing adalah nama Genus dan nama speies. Sistem ini dipopulerkan oleh ilmuwan Swedia, Carolus Linnaeus.

Klasifikasi biologis menggunakan taksonomi berperingkat, yang menggunakan susuan antara lain (dari yang paling luas sampai paling spesifik): Domain, Kingdom, Phylum (pada hewan) dan Divisio (pada tumbuhan), Kelas, Order, Famili, Genus, and Spesies.

Contohnya adalah klasifikasi tanaman padi. Tanaman padi diklasifikasikan sebagai:

  • Domain: Eukaryota (makhluk yang memiliki selaput inti sel)
  • Kingdom: Plantae (tanaman)
  • Divisio: Antophyta atau Angiosperma (tanaman berbunga)
  • Kelas : Monocotil (tanaman berbiji tunggal)
  • Order: Poales (rumbut dan kerabatnya
  • Family: Poaceae (rerumputan)
  • Genus: Oryza (padi-padian)
  • Species: Oryza sativa (padi)

Penggolongan padi ini berdasarkan ciri yang dimiliki seperti struktur sel, bentuk organ reproduksi, bentuk akar, daun dan batangnya.

Loading...