Sebutkan 10 Penyakit Atau Kelainan Sistem Saraf Manusia dan Penyebabnya

Sistem saraf manusia memiliki peran yang penting, khususnya dalam pengaturan dan pengendalian seluruh aktifitas tubuh setiap saat. Sistem saraf berperan dalam penghantaran impuls (rangsangan) ke susunan saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang), pemprosesan impuls, dan perintah untuk memberikan tanggapan rangsangan kepada otot dan kelenjar. Berikut ini adalah beberapa penyakit atau kelainan yang berkenaan dengan sistem saraf manusia

Oliomielitis

Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang neuron-neuron motoris sistem saraf ( otak dan medula spinalis ). Agen pembawa penyakit ini, sebuah virus yang dinamakan poliovirus (PV).

Migrain

Adalah nyeri kepala berdenyut yang disertai mual dan muntah yang terjadi akibat adanya hiperaktivitas impuls listrik otak yang meningkatkan aliran darah di otak dan mengakibatkan terjadinya pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi (peradangan).

Parkinson

Yaitu penyakit yang disebabkan oleh berkurangnya neurotranslator dopamin pada dasar ganglion dengan gejala tangan gemetaran sewaktu istirahat (tetapi gemetaran itu hilang sewaktu tidur), sulit bergerak, kekakuan otot, otot muka kaku menimbulkan kesan seolah-olah bertopeng, mata sulit berkedip dan langkah kaki menjadi kecil dan kaku.

Transeksi

Yaitu kerusakan atau seluruh segmen tertentu dari medula spinalis. Misalnya karena jatuh, tertembak yang disertai dengan hancurnya tulang belakang.

Neurasthonia

Penyakit ini ada karena pembawaan lahir, terlalu berat penderitanya, rohani terlalu lemah atau karena penyakit keracunan.

Neuritis

Radang saraf yang terjadi karena pengaruh fisis seperti patah tulang, tekanan pukulan, dan dapat pula karena racun atau defisiensi vitamin B1, B6, B12.

Amnesia

Yaitu ketidakmampuan seseorang untuk mengingat atau mengenali kejadian yang terjadi dalam suatu periode di masa lampau. Biasanya kelainan ini akibat guncangan batin atau cidera otak.

Cutter

Yaitu kelainan di mana penderitanya selalu melukai dirinya sendiri pada saat depresi, stres, atau bingung.

Alzheimer

Merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Alzheimer juga dikatakan sebagai penyakit yang sinonim dengan orang tua.

Radang Selaput atau Meningitis

Meningitis adalah penyakit yang diakibatkan adanya infeksi bakteri atau virus pada bagian selaput otak dan sumsum tulang belakang. Bagi penderita yang mengalami meningitis, biasanya mereka akan mendapatkan gejala demam tinggi dan diserang sakit kepala sangat parah. Leher mereka juga akan terasa sangat kaku. Jika penderita terserang meningitis karena virus, ini tidak terlalu berbahaya sebab masih bisa dibersihkan dengan penangan dokter.

Namun jika disebabkan oleh bakteri, bisa menjadi sangat serius dan berbahaya, sebab penderita akan mengalami kerusakan pada bagian otak dan bisa saja tidak bisa bertahan hidup. Bagi mereka yang terserang meningitis karena bakteri, harus segera mendapatkan perawatan medis yang tepat. Di Indonesia, pencegahan penyakit meningitis sudah dilakukan dengan cara menyebarkan vaksin yang mampu melindungi tubuh. Diberikan pada anak-anak usia 2 tahun dan 13 tahun.

Loading...