Perbedaan antara Habitat dan Lingkungan

Istilah habitat dan lingkungan mungkin banyak orang yang berfikiran bahwa keduanya merupakan dua hal yang sama. Padahal sebenarnya diantara habitat dengan lingkungan ada beberapa perbedaan yang mendasar. Berikut ini uraian mengenai perbedaan habitat dan lingkungan, dan terlebih dahulu dijelaskan pengertian lingkungan dan habitat.

Apakah yang dimaksud dengan habitat?

Habitat adalah tempat suatu makhluk hidup tinggal dan berkembang biak. Pada dasarnya, habitat adalah lingkungan—lingkungan fisik—di sekeliling populasi suatu spesies yang memengaruhi dan dimanfaatkan oleh spesies tersebut. Menurut Clements dan Shelford (1939), habitat adalah lingkungan fisik yang ada di sekitar suatu spesies, atau populasi spesies, atau kelompok spesies, atau komunitas.

Dalam ilmu ekologi, bila pada suatu tempat yang sama hidup berbagai kelompok spesies (mereka berbagi habitat yang sama) maka habitat tersebut disebut sebagai biotop. Bioma adalah sekelompok tumbuhan dan hewan yang tinggal di suatu habitat pada suatu lokasi geografis tertentu.

Apakah yang dimaksud dengan lingkungan?

Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan juga dapat diartikan menjadi segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.

Lingkungan terdiri dari komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi. Sedangkan komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia dan mikro-organisme (virus dan bakteri).

Bedanya habitat dengan lingkungan

  1. Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Sedangkan habitat itu dimana tempat asal aslii nya itu makhluk hidup , biasanya habitat identik dengan hewan dan tumbuhan
  2. Habitat adalah tempat tinggal dari mahkluk hidup sedangkan lingkungan adalah keseluruhan sesuatu yang ada disekitar kita (keseluruhan habitat)
Loading...