Perbedaan antara Lipid dan Lemak

Lipid adalah kelompok yang luas dari senyawa organik yang beragam dan terbentuk secara alami. Lipid memainkan peran besar dalam hal penyimpanan energi dan struktur sel. Mereka dibagi menjadi empat kelompok utama yang terdiri dari lemak, lipid, hormon dan steroid. Perbedaan antara lemak dan lipid adalah lemak merupakan bagian dari lipid.

Lipid adalah kelompok besar macronutrien yang memainkan peran utama sebagai molekul struktural dan sumber energi. Trigliserida, fosfolipid, dan steroid adalah jenis lipid yang berbeda yang ditemukan di dalam tubuh. Dua jenis trigliserida adalah lemak dan minyak. Perbedaan utama antara lipid dan lemak adalah bahwa lipid adalah kelompok biomolekul yang luas sedangkan lemak adalah jenis lipid. Lemak disimpan di jaringan adiposa dan di bawah kulit binatang. Ini terutama digunakan sebagai molekul penyimpanan energi dalam tubuh. Sebagian besar steroid dalam tubuh berfungsi sebagai hormon. Fosfolipid terutama terjadi di membran sel.

Lipid, selain protein, karbohidrat, dan vitamin, juga merupakan senyawa organik yang dibutuhkan oleh tubuh. Lipid tidak larut dalam air dan termasuk lemak dan minyak. Mereka juga memiliki struktur berantai panjang. Lipid memainkan peran penting dalam tubuh karena mereka mengeluarkan zat yang mengatur suhu tubuh dan memberi perlindungan pada sel-sel saraf kita. Lipid juga bisa menjadi sumber energi seperti karbohidrat, tetapi lemak berlebih yang tidak diambil oleh tubuh bisa disimpan sebagai lemak tubuh.

Istilah “lipid” umumnya meliputi: minyak, lemak, dan zat mirip lemak. Ada dua jenis lipid yang bisa kita dapatkan dari makanan yang kita makan: lipid jenuh dan lipid tak jenuh. Lipid bisa dalam bentuk minyak ketika mereka dalam bentuk cair pada suhu kamar, dan mereka juga bisa disebut lemak ketika dalam bentuk padat pada suhu kamar. Oleh karena itu, lipid mengambil dua bentuk: minyak yang merupakan cairan dan lemak yang merupakan padatan.

Sementara itu, lemak hanya mengambil satu bentuk dan itu adalah bentuk padat. Karena lemak dalam keadaan padat, itu adalah implikasi bahwa struktur kimianya jauh lebih sederhana dibandingkan dengan lipid yang mengambil dua bentuk zat-cair dan padat. Selain itu, lemak adalah sumber energi terkonsentrasi paling tinggi. Terakhir, metabolisme bentuk lipid lainnya jauh lebih cepat dibandingkan dengan lemak.

Loading...