Perbedaan antara perpindahan dan jarak

Jarak dan perpindahan mempunyai definisi yang berbeda. Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh benda tanpa memperhatikan arah. Sedangkan Perpindahan adalah panjang lintasan yang ditempuh benda beserta dengan arah geraknya. Perpindahan dirumuskan dengan posisi akhir – posisi mula-mula.

Jarak adalah besaran skalar yang mengacu pada “berapa panjang lintasan yang telah ditempuh suatu benda selama gerakannya. Perpindahan adalah besaran vektor yang mengacu pada “seberapa jauh dari sebuah benda berpindah dari tempat asalnya yang merupakan perubahan posisi benda tersebut atau perpindahan juga merupakan jarak terpendek dari gerak suatu benda.

Jarak sering diartikan sebagai panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu beda bergerak dalam selang waktu tertentu sedangkan yang dimaksud dengan perpindahan adalah perubahan kedudukan suatu beda dalam selang waktu tertentu. Jarak identik dengan jarak yang ditempuh sedangkan perpindahan hanya fokus pada perubahan kedudukan antara posisi awal dengan posisi akhir benda.

Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh suatu benda, sedangkan perpindahan adalah titik awal dan titik akhir ( selisih ).

Jarak:  panjang lintasan yang bergantung pada prosesnya. Sedangkan perpindahan hanya bergantung pada posisi akhir setelah benda bergerak dan posisi awal sebelum bergerak.

Perhatikan Gambar di bawah ini. Sebuah sebuah sepeda bergerak dari A ke C dan kemudian berbalik arah menuju B hitung jark dan perpindahan yang ditempuh oleh motor tersebut?

Jawab:

Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh beda sedangkan perpindahan hanya perlu dicari dengan mencari selisih kedudukan akhir dengan kedudukan semula.

Jarak yang ditempuh = Jarak A ke B melalui C = Panjang ACB = Panjang AC + Panjang CB = 8 + 3 = 11 Perpindahan = Perpindahan A ke B melalui C = Selisih A dan B = B – A = 1 -(-4) = 1 + 4 = 5