Perbedaan antara Serviks dan Uterus

Serviks dengan uterus merupakan dua buah hal yang berbeda. Untuk membedakannya terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian atau yang dimaksud dengan serviks dan uterus. Di bawah ini saya uraikan secara singkat mengenai pengertian uterus dan serviks, kemudian dilanjutkan dengan perbedaan-perbedaannya.

Apa yang disebut dengan uterus?

Rahim atau uterus adalah organ reproduksi betina yang utama pada kebanyakan mamalia, termasuk manusia. Salah satu ujungnya adalah servik, membuka ke dalam vagina, dan ujung satunya yang lebih luas, yang dianggap badan rahim, disambung di kedua sisi dengan tabung Fallopian. Rahim terdapat dalam berbagai bentuk dan ukuran di organisme yang berbeda. Pada manusia adalah berbentuk buah pir dan seukuran telur ayam. Beberapa organisme seperti kucing dan babi, serta jenis karnivora lainnya memiliki rahim bipartite.

Rahim ditempatkan di pelvis dan dorsal (dan biasanya agak kranial) ke kandung kemih dan ventral ke rektum. Rahim ditahan pada tempatnya oleh beberapa ligamen. Di luar kehamilan, ukuran garis tengahnya adalah beberapa sentimeter. Rahim kebanyakan terdiri dari otot. Lapisan permanen jaringan itu yang paling dalam disebut endometrium. Pada kebanyakan mamalia, termasuk manusia, endometrium membuat lapisan pada waktu-waktu tertentu yang, jika tak ada kehamilan terjadi, dilepaskan atau menyerap kembali.

Lepasnya lapisan endometrial pada manusia disebabkan oleh menstruasi (dikenal dengan istilah “datang bulan” seorang wanita) sepanjang tahun-tahun subur seorang wanita. Pada mamalia lain mungkin ada siklus yang panjang selama enam bulan atau sesering beberapa hari saja. Fungsi utama rahim menerima pembuahan ovum yang tertanam ke dalam endometrium, dan berasal makanan dari pembuluh darah yang berkembang secara khusus untuk maksud ini. Ovum yang dibuahi menjadi embrio, berkembang menjadi fetus dan gestates sampai kelahiran.

Karena rintangan anatomis seperti pelvis, rahim didorong sebagian ke dalam perut sampai perluasannya selama kehamilan. Di kehamilan pun rahim manusia beratnya hanya sekitar sekilogram (2.2 pon)

Apa yang disebut dengan serviks?

Serviks (leher rahim) adalah bagian bawah rahim berbentuk melingkar yang berbatasan dengan vagina, terdiri dari jaringan berserat dan sebagian besar otot.

Serviks atau leher rahim (Latin: leher rahim) adalah bagian bawah rahim dalam sistem reproduksi wanita. Servik biasanya berukuran 2 sampai 3 cm (~ 1 inci) dan berbentuk silinder kasar, yang berubah selama kehamilan. Kanalis serviks sentral yang sempit membentang sepanjang seluruh panjangnya, menghubungkan rongga uterus dan lumen vagina. Pembukaan ke dalam rahim disebut os internal, dan pembukaan ke vagina disebut os eksternal. Bagian bawah serviks, yang dikenal sebagai bagian vagina serviks (atau ectocervix), menonjol ke bagian atas vagina. Leher rahim telah didokumentasikan secara anatomi sejak setidaknya waktu Hippocrates, lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

Kanal serviks adalah suatu bagian di mana sperma harus melakukan perjalanan untuk membuahi sel telur setelah hubungan seksual. Beberapa metode kontrasepsi, termasuk tudung serviks dan diafragma serviks, bertujuan untuk menghalangi atau mencegah jalannya sperma melalui kanal serviks. Lendir serviks digunakan dalam beberapa metode kesadaran kesuburan, seperti model Creighton dan metode Billings, karena perubahan konsistensi sepanjang periode menstruasi. Selama persalinan pervaginam, serviks harus mereda dan melebar untuk memungkinkan janin untuk berkembang di sepanjang jalan lahir. Bidan dan dokter menggunakan luasnya pelebaran serviks untuk membantu pengambilan keputusan selama persalinan.

Kanalis serviks dilapisi dengan satu lapisan sel berbentuk kolom, sedangkan ektoserviks ditutupi dengan beberapa lapisan sel dengan sel datar. Kedua jenis epitel memenuhi sambungan squamocolumnar. Infeksi dengan human papillomavirus (HPV) dapat menyebabkan perubahan epitelium, yang dapat menyebabkan kanker serviks. Tes sitologi serviks sering dapat mendeteksi kanker serviks dan prekursornya, dan memungkinkan pengobatan awal yang berhasil. Cara untuk menghindari HPV termasuk menghindari seks, menggunakan kondom, dan vaksinasi HPV. Vaksin HPV, dikembangkan pada awal abad 21, mengurangi risiko kanker serviks dengan mencegah infeksi dari jenis HPV penyebab kanker utama.

Apa sajakah bedanya antara serviks dengan uterus?

  1. Serviks adalah bagian utama dari rahim; itu bagian yang membuat rahim bagian bawah.
  2. rongga uterus dan rongga vagina terhubung melalui rongga rahim.
  3. Uterus adalah struktur otot berbentuk buah pir, sedangkan serviks adalah berbentuk struktur silinder dengan kanal endoserviks.
  4. Uterus menyediakan tempat untuk mengembangkan embrio dan janin, sedangkan serviks mencegah bakteri masuk ke dalam rongga rahim dan rongga tubuh.
Loading...