Pengertian Tendon dan Ligamen Beserta 7 Perbedaannya

Jaringan atau organ tubuh manusia ada yang disebut dengan tendon, dan ada juga ligamen. Mungkin kedua kata ini sudah familiar di telinga kita, tetapi barangkali ada yang belum mengetahui apa yang disebut dengan tendon dan aligamen, di bawah ini adalah penjelasan singkat mengenai keduanya.

Pengertian tendon

Tendon (juga disebut sinew atau urat) adalah sekumpulan jaringan ikat berserat kuat yang menghubungkan jaringan otot dengan tulang. Jaringan ini cukup kuat untuk menahan tegangan. Jaringan tendon sangat mirip dengan ligamen dan fascia; ketiganya terbuat dari kolagen. Ligamen menghubungkan tulang dengan tulang lain; fasciae menghubungkan otot dengan otot. Tendon dan otot bekerja sama untuk menggerakkan kerangka tubuh.

Apa yang disebut dengan ligamen?

Ligamen adalah jaringan ikat fibrosa yang menghubungkan tulang ke tulang lainnya. Ia juga dikenal sebagai ligamen artikular, larva artikular, ligamentum fibrosa, atau ligamen sejati. Ligamen lain di dalam tubuh meliputi:

  • Ligamen peritoneum: lipatan peritoneum atau membran lain.
  • Sisa sisa janin: sisa-sisa struktur tubular janin.
  • Ligamen periodontal: sekelompok serat yang melekatkan sementum gigi ke tulang alveolar di sekitarnya.

Ligamen mirip dengan tendon dan fascia karena semuanya terbuat dari jaringan ikat. Perbedaannya ada pada koneksi yang mereka buat: ligamen menghubungkan satu tulang ke tulang lain, tendon menghubungkan otot ke tulang, dan fascia menghubungkan otot ke otot lain. Ini semua ditemukan dalam sistem kerangka tubuh manusia. Ligamen biasanya tidak dapat diregenerasi secara alami; Namun, ada sel-sel induk ligamen periodontal yang terletak di dekat ligamen periodontal yang terlibat dalam regenerasi dewasa ligamen periodontal. Studi tentang ligamen dikenal sebagai desmologi.

Bedanya tendon dengan ligamen

  1. Keduanya adalah jaringan ikat tapi tendon menghubungkan otot dengan tulang sementara ligamen menghubungkan tulang dengan tulang.
  2. Tendon menghubungkan ujung otot untuk tempat tulang, sedangkan ligamen selalu menghubungkan tulang pada sendi mereka.
  3. Hanya ada satu tendon untuk otot tertentu di salah satu ujung sementara ada beberapa ligamen yang menghubungkan dua tulang pada sendi.
  4. Tendon memiliki lebih banyak kolagen dari ligamen.
  5. Ligamen memiliki lebih banyak proteoglikan dari tendon.
  6. Tendon memiliki suplai darah yang lebih tinggi dibandingkan dengan ligamen.
  7. Tendon adalah struktur tubuh yang lentur tapi kuat yang menghubungkan otot ke tulang, sedangkan ligamen adalah struktur tubuh yang mirip dengan tendon yang menghubungkan tulang dengan tulang.
Loading...