Perbedaan Makhluk hidup dan tak hidup

Untuk memahami apa perbedaan diantara makhluk hidup dengan makhluk tak hidup, kita harus mengetahui atau memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan keduanya. Oleh karena itu, di bawah ini dijelaskan secara singkat mengenai pengertian makhluk hidup dan makhluk tak hidup, kemudian dilanjutkan dengan perbedaan diantaraa keduanya.

Pengertian makhluk hidup

Makhluk hidup adalah suatu organisme yang mampu mempertahankan dirinya dari berbagai perubahan lingkungan dan dapat berkembangbiak guna melestarikan jenisnya.

Menurut Helena Curtis, makhluk hidup adalah sesuatu yang bisa memanfaatkan energi dari lingkungannya dan merubahnya dari satu bentuk energi ke bentuk energi yang lain, dapat beradaptasi dengan lingkungannya, bisa merespon bila ada rangsangan, bersifat homeostatis, kompleks dan terorganisir dengan baik, dapat bereproduksi atau berkembang biak serta dapat tumbuh dan berkembang.

Menurut Kimball, makhluk hidup adalah sesuatu yang memiliki lima cirri, yaitu dapat berevolusi, responsif, dapat bereproduksi, dapat melakukan metabolism, dan bersifat rumit.

Pengertian makhluk tak hidup

Makhluk tak hidup adalah semua makhluk yang tidak memiliki ciri hidup dan sudah tersedia di alam sebelumnya, contohnya batu, air.

Bedanya makhluk hidup dengan makhluk tak hidup

a. Makhluk hidup dapat menunjukkan kehidupan sementara makhluk tak hidup tidak bisa. Mereka bernapas, tumbuh, dan membutuhkan energi untuk ada, dan sebagian besar dari mereka membutuhkan udara untuk bernapas.

b. Makhluk Hidup bisa bergerak sementara makhluk tak hidup tidak bisa kecuali jika mereka digerakkan oleh kekuatan lain.

c. Makhluk hidup memiliki kapasitas untuk mereproduksi oleh sendiri sementara makhluk tak hidup, mereka tidak bisa kecuali direproduksi oleh benda hidup, misalnya, suku cadang mobil dibuat oleh manusia.

d. Makhluk hidup cepat atau lambat akan mati sementara makhluk tak hidup tidak memiliki kapasitas untuk hidup atau mati.

Loading...