Perbedaan Evolusi Konvergen dan Divergen

Ketika mendengar kata evolusi, yang ada di pikiran kita mungkin adalh sebuaha perubahan. Ya memang benar, tetapi yang akan dijelaskan disini ialah mengenaiproses evolusi konvergen dan evolusi divergen. Walaupun uraian di bawah ini singkat, mudah-mudahan bermanfaat banyak.

Apa yang dimaksud dengan evolusi konvergen?

Evolusi konvergen adalah proses organisme tidak berhubungan, dan mengalami evolusi ciri yang mirip sebagai hasil beradaptasi dengan lingkungan. Ini adalah kebalikan dari evolusi divergen, yang merupakan evolusi ciri yang berbeda. Pada tingkat molekular, hal ini disebabkan karena mutasi tidak berhubungan dengan perubahan adaptif.

Evolusi konvergen adalah proses evolusi yang perubahannya di dasarkan pada kesamaan struktur antara dua organ atau organisme pada garis sama pada nenek moyang yang sama.

Evolusi konvergen adalah evolusi yang terjadi akibat adanya persamaan struktur organ pada keturunan yang sama.

Evolusi konvergen adalah munculnya individu dengan bentuk morfologi yang mirip walaupun berasal dari garis keturunan yang berbeda. Contoh yang mudah dipahami adalah pada tumbuhan kaktus Cereus Jamacaru dan euporbia Euphorbia echinus. Aantara E.jamacaru dan E.echinus memiliki bentuk morfologi yang mirip, dimana keduanya sama-sama memiliki daun yang dimodifikasi menjadi duri dan dilapisi zat lilin, juga adanya struktur akar yang sangat dalam menembus permukaan bumi.

Apa yang dimaksud dengan Evolusi divergen?

Proses evolusi yang perubahannya berasal dari satu species menjadi banyak species baru. Contoh Evolusi divergen adalah moyang vertebrata sebenarnya berjari 5, sekarang vertebrata yang masih memiliki jari 5 adalah manusia dan primate.

Evolusi divergen adalah munculnya individu yang memiliki bentuk morfologi berbeda walaupun berasal dari garis keturunan yang sama. Contoh yang mudah dipahami adalah Euphorbia echinus dan Euphorbia pulcherrima. Keduanya berasal dari garis keturunan yang sama namun memiliki bentuk morfologi yang sangat berbeda jauh.

E.echinus hidup di daerah gurun sehingga mengembangkan struktur duri dan akar yang panjang, sedangkan E.pulcherima hidup di tempat lembab sehingga tetap memiliki daun yang normal. Walaupun berasal dari garis keturunan yang sama, namun karena perbedaan tempat hidup akhirnya kedua jenis euporbia tersebut berkembang menjadi tumbuhan dengan bentuk yang jauh berbeda.

Evolusi divergen adalah evolusi yang terjadi pada satu species hingga timbul species baru.

Bedanya Evolusi Konvergen dan Divergen

Evolusi Konvergensi merupakan evolusi yang di alami oleh dua organisme yang mengarah ke terbentuknya struktur tubuh yang sama atau mirip sedangkan Evolusi Divergensi merupakan evolusi yang terjadi pada organisme yang sama menghasilkan berbagai macam bentuk yang berbeda.

Loading...