Perbedaan otot rangka dan otot jantung

Otot itu bermacam-macam, dan beberapa diantaranya ialah otot rangka (lurik) dan otot jantung. Berikut ini dijelaskan secara singkat mengenai apa yang dimaksud dengan otot jantung dan otot rangka, kemudian dilanjutkan dengan perbedaan diantaraa keduanya.

Apa yang disebut dengan otot rangka?

Otot lurik atau otot rangka adalah sejenis otot yang menempel pada rangka tubuh dan digunakan untuk pergerakan. Otot ini mempunyai pigmen mioglobin dan mendominasi tubuh vertebrata. Otot ini disebut lurik, karena pada otot ini tampak daerah gelap (aktin) dan terang (miosin) yang berselang seling. Disebut juga otot rangka, karena melekat di rangka dan juga otot sadar, karena bekerja di bawah kesadaran (volunter).

Ciri-cirinya adalah berbentuk silindris, memanjang dan berinti sel banyak (multinuklei), bergerak dalam waktu cepat, dan cepat lelah.

Apa yang disebut dengan otot jantung?

Otot jantung adalah jenis otot lurik tidak sadar yang ditemukan di dinding jantung, khususnya myocardium. Otot jantung adalah satu dari tiga jenis otot, yang lainnya adalah otot lurik dan otot polos. Sel-sel yang meliputi otot jantung, disebut cardiomyocyte atau sel otot myocardiocyteal, dapat berisi satu, dua, tiga dan empat inti sel (tiga atau empat sangat jarang). kontraksi yang terkoordinasi dari sel otot jantung di jantung memompa darah keluar dari serambi and bilik ke pembuluh darah dari kiri/tubuh/sistemik dan kanan/paru-paru. Tindakan yang kompleks ini membentuk sistol pada jantung.

Sel-sel pada otot jantung, seperti semua jaringan pada tubuh, bergantung dengan suplai darah yang cukup untuk mengirim oksigen dan nutrisi dan untuk membuang produk sisa seperti karbon dioksida. Arteri koroner memenuhi fungsi ini.

Bedanya otot lurik dengan otot jantung:

  1. Otot rangka adalah otot sadar sementara otot jantung tidak sadar.
  2. Otot jantung membutuhkan ion kalsium ekstraseluler untuk kontraksi tetapi tidak perlu untuk kontraksi otot rangka.
  3. sel otot rangka adalah linear dan longitudinal sedangkan sel otot jantung yang bercabang

demikianlah uraian singkat mengenai beberapa perbedaan yang ada diantara otot lurik (rangka) dengan otot jantung. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Loading...