Perbedaan sumsum tulang belakang dan Tulang punggung

Sumsum tulang belakang adalah bagian dari sistem saraf pusat dan terletak di dalam tulang punggung. Tulang punggung adalah bagian dari sistem skeletal. Baik sumsum tulang belakang dan tulang punggung terletak di sisi posterior tubuh. Pada tahap awal perkembangan, sumsum tulang belakang dan tulang punggung memiliki panjang yang sama. Namun, dengan perkembangan, panjang tulang belakang meningkat lebih banyak daripada panjang sumsum tulang belakang.

Apa yang disebut dengan sumsum tulang belakang?

Sumsum tulang belakang adalah saraf yang tipis yang merupakan perpanjangan dari sistem saraf pusat dari otak dan melengkungi serta dilindungi oleh tulang belakang. Fungsi utama sumsum tulang belakang adalah transmisi pemasukan rangsangan antara periferi dan otak. Fungsi lain sumsum tulang belakang adalah mengontrol gerakan refleks, termasuk gerakan reflek pada mata, hidung, dan lain-lain.

Sumsum tulang belakang adalah bundel tubular panjang dan tipis dari jaringan saraf dan sel pendukung yang memanjang dari medula oblongata di batang otak ke daerah lumbar dari kolumna vertebralis. Otak dan sumsum tulang belakang bersama-sama membentuk sistem saraf pusat (SSP). Pada manusia, sumsum tulang belakang dimulai pada tulang oksipital di mana ia melewati foramen magnum, dan bertemu dan memasuki kanal tulang belakang pada awal vertebra serviks. Sumsum tulang belakang meluas ke antara lumbal vertebra pertama dan kedua di mana ia berakhir. Kolom vertebral yang melingkupi melindungi tulang belakang yang relatif lebih pendek. Sekitar 45 cm (18 in) pada pria dan sekitar 43 cm (17 inci) panjang pada wanita. Juga, sumsum tulang belakang memiliki lebar yang bervariasi, mulai dari 13 mm (1⁄2 in) tebal di daerah servikal dan lumbal sampai 6,4 mm (1⁄4 in) tebal di daerah toraks.

Sumsum tulang belakang berfungsi terutama dalam transmisi sinyal saraf dari motor korteks ke tubuh, dan dari serabut aferen dari neuron sensorik ke korteks sensorik. Ini juga merupakan pusat untuk mengkoordinasikan banyak refleks dan berisi busur refleks yang secara mandiri dapat mengontrol refleks dan generator pola pusat

Apa yang dimaksud dengan tulang belakang?

Kolom vertebral, juga dikenal sebagai tulang punggung atau tulang belakang, adalah bagian dari kerangka aksial. Kolom vertebral adalah karakteristik yang menentukan dari vertebrata di mana notochord (batang fleksibel dari komposisi seragam) yang ditemukan di semua chordata telah digantikan oleh serangkaian tulang yang tersegmentasi: tulang belakang dipisahkan oleh cakram intervertebralis. Kolom vertebral menampung kanal tulang belakang, rongga yang membungkus dan melindungi sumsum tulang belakang.

Ada sekitar 50.000 spesies hewan yang memiliki kolom vertebral. Kolom vertebral manusia adalah salah satu contoh yang paling banyak dipelajari.

Tulang punggung atau vertebra adalah tulang tak beraturan yang membentuk punggung yang mudah digerakkan. terdapat 33 tulang punggung pada manusia, 5 di antaranya bergabung membentuk bagian sacral, dan 4 tulang membentuk tulang ekor (coccyx).

Tiga bagian di atasnya terdiri dari 24 tulang yang dibagi menjadi 7 tulang cervical (leher), 12 tulang thorax (thorax atau dada) dan, 5 tulang lumbal. Banyaknya tulang belakang dapat saja terjadi ketidaknormalan. Bagian terjarang terjadi ketidaknormalan adalah bagian leher.

Apa sajakah perbedaan sumsum tulang belakang dan Tulang punggung?

  1. Saraf tulang belakang milik sistem saraf, sedangkan tulang punggung termasuk sistem tulang.
  2. Saraf tulang belakang adalah selubung saraf panjang, sedangkan tulang punggung terdiri dari tulang belakang. Dengan demikian, tulang punggung tersegmentasi, tidak seperti sumsum tulang belakang.
  3. Saraf tulang belakang terletak di dalam tulang punggung.
  4. Pada manusia rata-rata, tulang punggung lebih panjang daripada sumsum tulang belakang.
  5. Tulang punggung menyediakan dukungan untuk tubuh dan melindungi sumsum tulang belakang, sedangkan sumsum tulang belakang mengontrol aktivitas viseral di seluruh tubuh.