Sebutkan Ciri-ciri umum Echinodermata

Hai teman-teman, apakah ada dari kamu yang mengetahui apa yang disebut dengan Echinodermata? Mungkin banyak dari kamu yang sudah mengetahuinya, tetapi mungkin banyak juga yang belum mengetahui. Baiklah, kali ini saya akan mencoba menjelaskan secara singkat mengenai apa yang dimaksud dengan Echinodermata dan ciri-cirinya.

Filum Echinodermata adalah sebuah filum hewan laut yang mencakup bintang laut, Teripang, dan beberapa kerabatnya. Kelompok hewan ini ditemukan di hampir semua kedalaman laut. Filum ini muncul di periode Kambrium awal dan terdiri dari 7.000 spesies yang masih hidup dan 13.000 spesies yang sudah punah.

Echinodermata adalah filum hewan terbesar yang tidak memiliki anggota yang hidup di air tawar atau darat. Hewan-hewan ini juga mudah dikenali dari bentuk tubuhnya: kebanyakan memiliki simetri radial, khususnya simetri radial pentameral (terbagi lima). Walaupun terlihat primitif, Echinodermata adalah filum yang berkerabat relatif dekat dengan Chordata (yang di dalamnya tercakup Vertebrata), dan simetri radialnya berevolusi secara sekunder. Larva bintang laut misalnya, masih menunjukkan keserupaan yang cukup besar dengan larva Hemichordata.

Ciri umum Echinodermata

  1. Simetri bilateral pada saat larva dan dewasanya simetri radial. Alat gerak berupa kaki ambulakral.
  2. Tidak bersegmen, seluruh tubuh tertutup rangka kapur dan berduri serta pentamer.
  3. Alat pencernaan berkembang sempurna dari mulut sampai anus kecuali kelas Ophiuroidea yang tidak memiliki anus
  4. Ekskresi menggunakan sel-sel amoeboid
  5. Alat pernapasan berupa dermal branchiata, kaki tabung atau tentakel, kaki insang
  6. Sistem syaraf berpusat di cincin syaraf , dihubungkan dengan tali-tali syaraf radial
  7. Hermaprodit pada kelas Holothuroidea, berkelamin terpisah (berumah dua)
Loading...