Soal dan jawaban protozoa

1. Apa yang disebut dengan Ciliata?

Jawaban:

Ciliata adalah protozoa yang bergerak dengan menggunakan silia (rambut getar). Ciliata disebut juga dengan infusoria (latin, infundere = menuang), karena umumnya hidup dalam air buangan yang mengandung banyak zat organik.

2. Sebutkan ciri-ciri ciliata!

Jawab:

  • Bergerak dengan silia atau rambut getar
  • Bersifat heterotrof
  • Pembelahan biner
  • Umumnya berukuran mikroskopis, namun ada juga spesies yang berukuran 3 mm sehingga dapat dilihat dengan mata telanjang
  • Terdapat pada seluruh bagian sel atau pada bagian tertentu.
  • Membantu pergerakan makanan ke sistoma
  • Bentuk tubuh oval dan tidak berubah-ubah atau tetap
  • Memiliki dua inti sel yaitu makronukleus dan mikronukleus. Makronukleus sebagai fungsi vegetatif, dan mikronukleus sebagai fungsi reproduksi yaitu konjugasi
  • Hidup bebas pada lingkungan berair baik itu air laut maupun air tawar yang banyak mengandung zat organik
  • Hidup secara parasit, simbiosis dan ada juga yang hidup bebas di alam

3. Sebutkan klasifikasi protozoa!

Jawaban:

Rhizopoda (sarcodina)

Rhizopoda adalah jenis protozoa yang memiliki kaki semua atau pseudopodia sebagai alat gerak dan untuk menangkap mangsanya. Rhizopoda memiliki habitat di air laut, air tawar, tempat-tempat basah dan parasit pada organisme lain seperti hewan dan juga manusia. Contoh dari rhizopada adalah amoeba.

Ciliata

Cialata adalah filum protozoa yang memiliki rambut getar (silia) yang berfungsi sebagai alat getar dan untuk mengambil makanan dan memasukannya kedalam sitotosma. Makanan tersebut akan membentuk vakuola makanan saat sudah diproses dalam sitoplasma.

Sporozoa

Merupakan filum protozoa yang semua jenisnya bersifat parasit dan tidak memiliki alat gerak khusus. Berkembang biak secara generative dan vegetative. Biasanya fase generatif terjadi pada saat di dalam tubuh nyamuk yaitu dari gamet membentuk zigot, membentuk kista dan membentuk sporozoit.

Actinopoda

Actinopoda adah jenis atau filum protozoa yang mempunyai bentuk seperti bola dan mempunyai alat gerak berupa axopodia (seperti pseudopodia tetapi berbentuk ramping dan menyebar)

Zooflagellata

Zooflagellata adalah filum protozoa yang memiliki bulu cambuk sebagai alat geraknya. Habitatnya di perairan baik itu air tawar maupun laut dan juga tempat-tempat basah dan ada juga yang hidup bersimbiosis dan sebagai parasit pada makhluk hidup lain.

Foraminifera

Merupakan jenis protozoa yang hidup di laut dan memiliki cangkang yang berwarna cerah danĀ  untuk meberlubang-lubang kecil dipermukaannya. Cangkang pada foraminifera terbentuk dari silica dan zat kapur. Hewan ini biasanya menempel di bebatuan dan memiliki gerakan yang lambat. Cangkap foraminifera dapat ditemukan hampir disemua lapisan batu oleh sebab itu foraminifera diapat digunakan untuk menentukan umur relative batuan sedimen laut. Contoh hewan ini adalah globigerina dan polistomella

4. Sebutkan contoh zooflagellata!

Jawab:

  1. Trichonympha dan Myxotricha, bersimbiosis dengan rayap dan hidup dalam usus rayap dan dapat menghasilkan enzim selulase untuk mencerna selulosa kayu yang dimakan rayap.

    2. Trypanosoma gambiense dan T. rhodosiensi, merupakan parasit bagi manusia dan dapat menyebabkan penyakit tidur yang di infeksikan pada manusia melalui lalat tse-tse.

    3. Leishmania donovani, menjadi parasit dan dapat mengakibatkan penyakit kala-azar.

    4. Trichomonas vaginalis, bersifat parasit dan menyebabkan alat kelamin wanita mengalami peradangan vagina yang membuat gatal dan mengelurkan cairan di alat kelamin tersebut.

    5. Trypanosoma evansi, merupakan parasit pada hewan ternak seperti sapi, kambing dan domba dan menyebabkan penyakit sura untuk ternak tersebut.

    6. Leishmania tropica, bersifat parasit dan menyebabkan penyakit pada kulit.

    7. Trypanosoma cruzi, bersifat parasit pada darah manusia dan dapat menyebabkan anemia(kekurangan sel darah merah).