Soal dan jawaban sel saraf

Soal No. 1

Apa yang dimaksud dengan dendrit dan fungsinya?

Jawab:

Dendrit (dari bahasa Yunani dendron, “pohon”) adalah cabang dari Neuron. Sel-sel saraf di otak disebut Neuron. Setiap neuron terdiri dari satu badan sel yang di dalamnya terdapat sitoplasma dan inti sel. Dari badan sel keluar dua macam serabut saraf, yaitu dendrit dan akson (neurit).

Dendrit berfungsi mengirimkan impuls ke badan sel saraf, sedangkan akson berfungsi mengirimkan impuls dari badan sel ke jaringan lain. Akson biasanya sangat panjang. Sebaliknya, dendrit pendek.

Soal No. 2

Jelaskan apa yang dimaksud dengan mielinasi?

Jawab:

Mielinasi adalah proses pembungkusan sel saraf oleh selubung myelin. Selubung myelin pada saraf tepi dibentuk dari sel Schwan. Sel Schwan membungkus dan mengelilingi akson berkali-kali sehingga terbentuk lapisan konsentris dari membran plasma sel Schwan yang mengelilingi akson. Lilitan tersebut disebut selubung myelin.

Soal No. 3

Sebutkan ciri-ciri jaringan epitel!

Jawab:

Terdapat dalam wujud lapisan sel yang rapat
– Melindungi bagian luar tubuh, melapisi organ dan rongga didalam tubuh
– Tidak mengandung pembuluh darah , tetapi mangandung ujung saraf
– Memiliki kemampuan regenerasi tinggi.

Soal N0. 4

Saraf manusia dibedakan menjadi saraf pusat dan saraf tepi. Berdasarkan fungsinya, saraf tepi dikelompokkan menjadi dua yaitu saraf somatik dan saraf otonom. Jelaskan perbedaan saraf somatik dan saraf otonon!

Jawab:

Berdasarkan fungsinya, saraf tepi dikelompokkan menjadi dua yaitu saraf somatik (saraf sadar) dan saraf otonom (saraf tidak sadar). Saraf somatik mengatur gerakan yang disadari, misal gerak otot rangka dan anggota gerak. Saraf otonom mengatur gerakan yang tidak disadari, misal gerak otot polos dan otot jantung. Saraf otonom dibedakan menjadi saraf simpatik dan parasimpatik. Saraf simpatik dan parasimpatik bekerja pada efektor yang sama, namun sifat kerjanya berlawanan.

Soal No. 5

Sebutkan Pembagian sel neuron berdasarkan fungsinya!

Jawab

  • Saraf sensorik/aferen yaitu neuron yang berfungsi untuk menghantarkan impuls dari reseptor ke sistem saraf pusat (SSP).
  • Saraf motorik/eferen yaitu neuron yang berfungsi untuk menghantarkan impuls dari SSP ke efektor.
  • Saraf asosiasi/interneuron yaitu neuron yang menghubungkan saraf sensorik dengan sarf motorik di dalam SSP.