Soal dan jawaban sitoplasma

Soal No. 1

Apa yang dimaksud dengan sitoplasma?

Jawaban:

Sitoplasma adalah bagian sel yang terbungkus membran sel. Pada sel eukariota, sitoplasma adalah bagian non-nukleus dari protoplasma. Pada sitoplasma terdapat sitoskeleton, berbagai organel dan vesikuli, serta sitosol yang berupa cairan tempat organel melayang-layang di dalamnya. Sitosol mengisi ruang sel yang tidak ditempati organel dan vesikula dan menjadi tempat banyak reaksi biokimiawi serta perantara transfer bahan dari luar sel ke organel atau inti sel.

Soal No. 2

Apa sajakah fungsi sitoplasma?

Jawaban:

Glikolisis

Glikolisis merupakan reaksi katabolisme glukosa dalam sel secara anaerob dalam sitoplasma. Reaksi biokimia ini menggunakan  enzim enzim yang terdapat dalam sitoplasma seperti heksokinase, fosfoheksoisomerase, fosfofruktokinase, aldolase dan lainnya. Dengan kata lain, sitoplasma dalam sel berfungsi juga sebagai tempat menghasilkan energi dalam bentuk ATP walaupun hanya 2 ATP.

Penghantar Sinyal

Sitoplasma berperan sebagai penghantar sinyal atau transduksi sinyal dari membran sel ke organel organel sel dan juga ke nukleus (inti sel). Ini merupakan kerja sama antara membran sel dan sitoplasma. Lebih tepatnya, reseptor reseptor ekstraseluler yang terdapat di membran sel dan reseptor intraseluler yang terdapat dalam sitoplasma.

Transportasi

Sitoplasma berperan dalam transportasi molekul molekul seperti asam amino, asam lemak, sterol, glukosa. Molekul molekul tersebut akan diarahkan ke organel organel yang ada begitupun sebaliknya dari organel satu ke organel lainnya. Analoginya, sitoplasma dianggap sebagai jalan untuk kendaraan.

Rotasi Organel

Fungsi sitoplasma ini berhubungan dengan aliran atau stream dari sitoplasma. Contoh pada sel tumbuhan, dengan adanya aliran sitoplasma, plastida kloroplas dapat diarahkan pada daerah yang terkena sinar matahari lebih kuat untuk memaksimalkan fotosintesis pada sel tumbuhan.

Selain fungsi sitoplasma yang disebutkan diatas, masih banyak fungsi sitoplasma. Hal yang perlu anda sadari adalah sitoplasma tidak memiliki fungsi tunggal, akan tetapi hasil kerja sama dari banyak unsur seperti membran sel, organel organel yang ada, enzim enzim yang ada, dan juga makro dan mikromolekul yang ada.

Soal No. 3

Sebutkan ciri-ciri sitoplasma?

Jawaban:

  • Padatan sitoplasma terdiri dari organel yaitu ribosom, mitokondria dan komplek golgi.
  • Padatan sitoplasma bersifat dapat berubah-ubah karena fase sol (cair) dan fase gel (padat) tergantung kondisi sel.
  • Sitosol tersusun, air, protein, asam amino, vitamin, nukleotida, asam lemak, gula dan ion.
  • Ada sifat pewarna differensial
  • Bagian sitolasma matriks sitoplasma, organel sel dan inklusio sitoplasma
  • Sitoplasma terdapat pada tumbuhan dan hewan. perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan dapat dilihat dari jumlah sitoplasma. Pada tumbuhan jumlah sitoplasma ada banyak.