Soal dan pembahasan siklus krebs

Hai teman-teman, selamat berjumpa kembali. Kali ini saya akan mencoba memberikan contoh soala mengenai Siklus Krebs. Soal di bawah ini dalam bentk essay dan berjumlah 5 buah. Walaupun sedikit, mudah-mudahan bermanfaat banyak ya. Okay, selamat menyimak.

1.Jelaskan fungsi dari Siklus Krebs! Dan Sebutkan apa saja hasil dari Siklus tersebut!

Jawaban: Siklus Krebs memiliki fungsi menghasilkan energi dan juga berbagai senyawa antara yang kemudian digunakan untuk sinstesis senyawa lain. Tahap Siklus ini terjadi di dalam matriks mitokondria. Jika 2 asetil Co-A yang memasuki siklus, akan diperoleh 4 CO2, 2 ATP, 6 NADH dan 2 FADH2.

2. Sebutkan empat tahapan respirasi Aerob melalui jalur siklus Krebs!

Jawaban: Dapat kita ketahui bahwa respirasi aerob yang melewati siklus Krebs mempunyai empat tahapan, yaitu glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus Krebs dan sistem transpor elektron.

3. Apa yang dimaksud dengan siklus Krebs?

Jawaban:

Siklus krebs merupakan serangkaian reaksi kimia yang terjadi pada sel hidup untuk menghasilkan energi dari Asetil ko-A perubahan dari asam piruvat hasil glikolisis. Siklus krebs merupakan salah satu tahap respirasi aerob, yaitu proses menghasilkan energi dimana dalam prosesnya membutuhkan oksigen. Respirasi aerob terjadi melalui glikolisis, siklus krebs dan transfer elekton. Siklus krebs terjadi di dalam mitokondria sedangkan glikolisis terjadi pada sitoplasma, oleh karena itu asam piruvat hasil glikolisis harus masuk mitokondria terlebih dahulu agar dapat menjalani siklus krebs.

4. Sebutkan taha-tahap dalam dekarboksilasi oksidatif!

Jawaban:
1. Gugus karboksilat (-COO) akan lepas dari asam piruvat menjadi CO2.
2. Sisa dua atom karbon dari piruvat dalam bentuk CH3COO- akan mentranfer kelebihan elektronnya pada molekul NAD+ sehingga terbentuk NADH, dan molekul dua atom karbon tersebut berubah menjadi asetat.
3. Pada akhirnya koenzim-A (ko-A) akan diikatkan pada asetat sehingga membentuk asetil koenzim-A (asetil ko-A).

Hasil dari dekarboksilasi oksidatif adalah molekul asetil ko-A, NADH, dan CO2. Satu molekul glukosa akan diubah menjadi dua molekul asam piruvat dalam glikolisis, artinya proses dekarboksilasi oksidatif untuk untuk satu molekul glukosa akan menghasilkan 2 molekul asetil ko-A, 2 NADH, dan 2 CO2.

5.Sebutkan tahapan dalam siklus Krebs!

Jawaban:
1. Asetil co-A akan berikatan dengan oksaloasetat membentuk sitrat, reaksi ini dikatalisis enzim sitrat sintase.
2. Sitrat akan diubah menjadi isositrat oleh enzim akonitase.
3. Isositrat akan diubah menjadi alfa-ketoglutarat oleh ezim isositrat dehidrogenase. Dalam reaksi ini dilepaskan molekul CO2 dan dihasilkan NADH.
4. Alfa-ketoglutarat akan diubah menjadi suksinil ko-A oleh enzim alfa ketoglutarat dehidrogenase. Dalam reaksi ini akan dilepaskan CO2 dan dihasilkan NADH.
5. Suksinil ko-A akan diubah menjadi suksinat oleh enzim suksinil ko-A sintetase. Pada reaksi ini akan dihasilkan GTP yang kemudian dapat berupah menjadi ATP.
6. Suksinat akan diubah menjadi fumarat oleh enzim suksinat dehidrogenase. Pada reaksi ini akan dihasilkan FADH2.
7. Fumarat akan diubah menjadi malat oleh enzim fumarase.
8. Malat akan diubah menjadi oksaloasetat oleh enzim malat dehidrogenase. Pada tahap ini juga dihasilkan NADH.