Pengertian tidur dan akibat apabila malam digunakan bekerja dan siang digunakan tidur

Allah swt berfirman dalam Al Qur’an surat al Rum ayat 23:

dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.

Dalam surat al Furqan ayat 47:

Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha.

Serta dalam surat al Mulk ayat 14:

Apakah Allah yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui?

Allah swt telah menetapkan bagi manusia bahwa mereka bekerja dan melakukan aktivitasnya di siang hari dan kemudian beristirahat tidur di malam hari. Itu telah menjadi ketentuan Allah (sunnatullah) yang berlaku bagi manusia. Ketika manusia melawan atau menentang ketentuan Allah tersebut maka mereka akan menghadapi kesulitan dan masalah kesehatan, bahkan gangguan kejiwaan. Dalam sebuah studi yang dilakukan kepada para buruh yang bekerja pada malam hari ditemukan bahwa ternyata jam biologis yang bekerja dalam tubuh mereka mengalami goncangan dan gangguan yang hebat. Gangguan itu terjadi karena jam biologis harus menyesuaikan dengan perubahan ritme tubuh manusia dan kemudian membiasakan dengan perubahan itu.

Tidak hanya itu, beberapa fungsi tubuh mengalami perubahan atau gangguan dalam waktu yang relatif cepat, seperti perubahan denyut jantung, tingkat produksi hormon adrenalin, dan juga hormon neuroadrenalin. Beberapa fungsi tubuh lainnya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengubah kebiasaan dan ketetapan yang sekian lama dijalaninya. Perubahan ritme tubuh dari kebiasaan lama ke kebiasaan baru seringkali menimbulkan masalah kesehatan. Proses penyesuaian jam biologis dengan kebiasaan atau ritme baru mempengaruhi beberapa fungsi tubuh karena tidak dapat bekerja secara efektif dan bekerjasama dengan fungsi-fungsi tubuh lain. Pada gilirannya, koordinasi yang tidak efektif antara berbagai fungsi tubuh itu menyebabkan beberapa fungsi metabolisme tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Loading...