Manfaat Jus Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh

Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih. Brokoli mengandung vitamin A dan vitamin C, serta beberapa mineral lain, seperti niasin, kalsium, dan zat besi yang cukup banyak kandungannya.

Jenis brokoli

Brokoli terdiri dari berbagai varietas, diantaranya:

  1. Calabres Sprouting, varietas hijau tua.
  2. Purple sprouting (varietas bunga ungu).

brokoli

Dengan mengkonsumsi jus brokoli diyakini bisa mengobati kanker. Brokoli yang berwarna hijau, memiliki unsur kimia bernama sulforaphane yang dipercaya bisa menahan efek berkelanjutan dari kanker.

Khasiat Jus Brokoli:

  • Menahan laju pertumbuhan kanker
  • Bagus untuk pertumbuhan tulang.
  • Menghindari osteoporosis pada tulang.

Cara membuat jus brokoli

Bahan-bahannya ialah 25-30 gram brokoli dipotong kecil-kecil, 100 ml air, dan 1-2 sendok makan madu. Setelah semua bahan siap, masukkan ke dalam blender dan putar sekitar 1-2 menit. Setelah itu saringlah hingga mendapatkan sarinya.

Loading...