Batuk (Penyebab, Jenis, dan 11 cara mengobati batuk secara alami)

Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat saraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk. Kita pasti akan merasa terganggu bila mengalami batuk, baik itu batuk berdahak maupun batuk kering.

Penyebab batuk

Infeksi saluran pernapasan akibat virus merupakan penyebab utama bagi sebagian besar orang yang menderita batuk. Selain infeksi, penyebab batuk lainnya diantaranya adalah

  • Penyakit jangka panjang yang kambuh. Misalnya asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan bahkan bronkitis kronis.
  • Adanya rinitis alergi. Misalnya alergi terhadap serbuk sari (hay fever).
  • Penyakit refluks gastroesofagus yang muncul karena adanya iritasi dan luka akibat asam lambung meningkat.

Jenis Batuk

Ada beberapa jenis batu, diantaranya adalah batuk kering yang biasanya diawali dengan munculnya rasa gatal di tenggorokan yang memicu batuk. Batuk tanpa dahak (kering) ini bisa terjadi ketika tenggorokan dan saluran pernapasan bagian atas mengalami peradangan.

Otak akan menganggap peradangan bagian tenggorokan dan saluran pernapasan atas sebagai kondisi yang asing, sehingga ia akan memerintahkan tubuh untuk mengeluarkannya melalui batuk. Oleh karena itu, flu/pilek bisa memicu munculnya batuk. Sedangkan dalam kasus berdahak, justru batuk akan membantu mengeluarkan dahak dari saluran paru-paru.

batuk

Ada beberapa cara untuk mengobati batuk berdahak dan batu kering secara alami, yaitu:

Cara mengatasi batuk kering dan berdahak dengan lemon:

  • Satu buah lemon segar diiris sesuai selera
  • Irisan lemon tersebut kemudian diberi merica bubuk dan garam
  • Hisaplah setiap irisan lemon tersebut sampai habis airnya

Mengatasi batuk dengan buah anggur

Buah anggur memiliki antioksidan untuk menangkal radikal bebas berbahaya. Dan buah anggur juga mengandung sifat ekspektoran yang bisa mengeluarkan lendir dari saluran pernapasan. Dengan kata lain, buah anggur bisa mengobati batuk berdahak. Jadi konsumsilah buah anggur bila kita mengalami batuk.

Mengobati batuk dengan belimbing wuluh

Belimbing wuluh memiliki rasa yang masam , dan lebih masam dari belimbing biasa. Tetapi rasa masam inilah yang bisa mengobati batuk berdahak dan batuk kering. Cara mengonsumsinya adalah dengan cara mencampur beberapa butir belimbing wuluh dengan adas, sedikit gula, dan secangkir air. Kemudian rebus semua cmpuran tersebut, setelah itu disaring dan yang diambil adalah air hasil saringannya saja. Lalu minumlah minimal satu kali sehari

Mengobati penyakit batuk dengan biji kacang almond

Caranya adalah dengan merendam biji almond selama kurang lebih 12 jam, lalu tumbuklah biji kacang almond tersebut sampai membentuk adonan mirip pasta, lalu tambahkan satu sendok teh mentega. Nah barulah, dikonsumsi biji kacang almond yang sudah halus itu secara rutin minimal satu sendok sehari

Mengobati batuk dengan jahe

Jahe sangat berkhasiat untuk menghangatkan tubuh. Caranya adalah dengan mendidihkan 12 jahe dalam 3 gelas air selama kurang lebih seperempat jam, lalu saring untuk mendapatkan air rebusannya, lalu tambahkanlah sedikit madu dan air lemon. Kemudian minumlah selagi hangat secara rutin sampai batuknya sembuh

Mengobati batuk dengan jus wortel

Wortel mengandung antioksidan tinggi yang bisa menangkal radikal bebas. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam wortel bisa digunakan untuk mengobati batuk. Caranya adalah dengan mengonsumsi jus wortel setiap pagi hari sebanyak satu gelas dan sebelum tidur agar hasilnya optimal.

Mengobati batuk dengan jeruk nipis dan kecap

Caranya adalah dengan mencampurkan jeruk nipis yang sudah diperas dengan kecap seperlunya, kemudian diaduk rata dan diminum secara rutin dua kali sehari sebanyak satu sendok makan,

Cara mengobati batuk dengan daun kemangi

Daun kemangi biasanya dipakai untuk bumbu masakan, dan juga bisa dipakai lalapan. Daun kemangi mengandung antibiotik yang tinggi dan dapat membantu menyembuhkan batuk kering dan berdahak. Selain dapat dikonsumsi langsung, daun kemangi juga bisa direbus untuk diambil air rebusannya.

Mengobati batuk dengan daun asam muda

Daun asam muda bisa dipakai untuk mengobati batuk, karena daun ini mengandung antioksidan. Kandungan ini sangat berperan aktif dalam melancarkan sirkulasi darah, pernapasan, dan metabolisme tubuh.

Caranya adalah dengan merebus sampai mendidih daun asam muda, kayu manis dan gula batu. Kemudian air rebusan tersebut diminum secara rutin sebelum tidur dan setelah bangun tidur pagi hari.

Mengobati batuk dengan merica hitam dan madu

Caranya adalah dengan mencampur merica halus dengan dua sendok makan madu ke dalam gelas, lalu tuangkan air mendidih dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu baru diminum.

Mengobati batuk dengan kunyit

Kunyit memiliki senyawa mineral yang bisa mengeluarkan dahak di saluran pernapasan. Walaupun rasanya pahit, kita bisa mencampurnya dengan bahan lain, misalnya madu, susu hangat, dan lain sebagainya.

Loading...