Puasa bisa mencegah dan mengobati rematik

Rematik merupakan salah satu gangguan atau penyakit yang menyerang sistem pencernaan yang kemudian mempengaruhi kesehatan tulang. Gangguan itu disebabkan oleh terjadinya penumpukan asam urea dalam aliran darah yang semakin lama semakin mengkristal dan menghambat peredaran darah.

Selain itu, pengkristalan asam urea akan mengurangi kelenturan sendi. Keadaan itu menimbulkan rasa nyeri yang hebat pada tulang dan persendian. Selain itu, Asam urea mungkin berkumpul pada rongga-rongga yang disebut tophi atau pada saluran kemih sehingga menimbulkan nyeri kandung kemih, atau bahkan menjadi penyebab batu ginjal.

Puasa bermanfaat untuk menguatkan fungsi pencernaan baik dalam tahapan digesti maupun sekresi lemak dan protein pada sel-sel tubuh sehingga semua sel tubuh berfungsi dengan baik. Dengan demikian, tidak akan terjadi radang sendi, rematik, atau gangguan pencernaan dan gangguan sendi yang disebabkan pengkristalan asam urea (uric acid).

Puasa juga mencegah terjadinya gangguan pada ginjal. Peningkatan kadar sodium dalam darah akan menghalangi penguapan garam kalsium. Sama halnya, peningkatan kadar poline pada air kencing juga akan membantu kelancaran sekresi urin serta mengeluarkan garam-garam urin dari dalam tubuh.

Oleh karena itu, ketika kita merasakan badan atau tubuh kita tidak nyaman, maka tidak ada salahnya untuk berpuasa. Karena puasa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh pelakunya. Selain tubuh kita sehat, kita juga akan mendapatkan pahala puasa dari Allah swt.

Loading...